Sabtu, 24 Oktober 2015

PERBANDINGAN MESIN DOHC DAN MESIN SOHC

 1 . MESIN DOHC
DOHC adalah Double Over Head Camshaft, dan SOHC adalah Single Over Head Camshaft. Dari singkatan tadi bisa disimpulkan  perbedaan DOHC dan SOHC adalah pada jumlah camshaft (noken as) yang ada pada head cylinder. Camshaft adalah batang silinder yang berfungsi untuk mengatur timing buka tutup katup (klep) masuk bahan bakar dan katup keluarnya gas buang. Mesin DOHC memiliki dua camshaft sedangkan SOHC hanya satu camshaft.

DOHC

Pada mesin DOHC dalam satu piston memiliki dua camshaft di head cylinder. Masing masing camshaft ini menggerakkan langsung 2 katup. Dimana 2 katup mengatur masuknya bahan bakar dan 2 katup lainnya mengatur keluarnya gas buang. Dengan jumlah klep dua kali lebih banyak (2 klep masuk dan 2 klep keluar) power yang dihasilkan otomatis lebih besar, karena penyaluran bahan bakar ke mesin dan penyaluran gas buang ke knalpot lebih besar. Motor yang menggunakan mesin jenis ini antara lain: CB150R, Satria FU150, YZF-R25, Ninja 250FI.

NO
KELEBIHAN MESIN DOHC
KEKURANGAN MESIN DOHC
1
Suara mesin mesin DOHC lebih halus.
Relatif lebih boros bahan bakar
2
RPM lebih tinggi, dan tentunya power yang lebih besar.
Biaya produksi dan perawatan lebih tinggi
3
Mesin lebih awet
Suku cadang dan proses reparasi lebih banyak
4
Power yang dihasilkan lebih besar dengan dukungan dual kem dan katup.

Putaran bawah mesin lebih berat karena harus menggerakkan dua camshaft


2 . MESIN SOHC


SOHC


Mesin SOHC hanya memiliki satu camshaft (noken as) yang berada ditengah head cylinder, sehingga mesin hanya memiliki 2 katup saja. Satu katup untuk mengatur bahan bakar masuk dan satu lagi mengatur keluarnya gas buang. Pengaturan buka tutup katup digerakkan oleh rocker arm yang terhubung langsung dengan camshaft. Motor yang menggunakan mesin jenis ini banyak sekali terutama pada motor ber cc kecil seperti matik, dan cub. Pada motor sport antara lain: Verza 150, Byson, V-ixion, Megapro, Gixxer.
Pada perkembangannya mesin SOHC dengan satu Camshaft tidak hanya berisi 2 katup saja, melainkan bisa juga ditempatkan 4 buah katup. Hal ini dilakukan dengan memodifikasi kepala rocker arm menjadi bercabang dua pada katup in dan katup ex. Dengan 4 katup, power yang dihasilkan bisa di tingkatkan, contohnya mesin YZF-R15 dan V-ixion.
NO
KELEBIHAN MESIN SOHC
KEKURANGAN MESIN SOHC
1
Mesin lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft
Mesin biasanya lebih berisik karena menggunakan dua buah rocker arm.

2
Relatif Lebih Irit
Angka RPM (putaran mesin) rendah, sehingga top speed tidak terlalu tinggi
3
Biaya produksi dan perawatan murah
Torsi mesin  buruk pada saat kecepatan  tinggi
4
Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque



Perbandingan Mesin SOHC dan DOHC

Berikut ini penjelasan mengenai keunggulan dari masing-masing jenis mesin tersebut :
SOHCDOHC
Terdiri dari 1 pasang over headTerdiri dari 2 pasang over head
Umumnya hanya memiliki 2 klep dan 1 noken as (meskipun ada yang memiliki 4 klep)Umumnya tenaga yang dihasilkan lebih besar (karena memiliki 4 klep dan 2 noken as)
Top speed tidak terlalu tinggi (RPM lebih rendah)Nilai RPM (rotation per minute) dan top speed lebih tinggi
Biaya perawatan lebih murahBiaya produksi dan perawatan lebih tinggi
Suku cadang lebih simple (mudah didapat)Suku cadang dan proses reparasi lebih kompleks
Relatif lebih irit bahan bakarRelatif Lebih boros bahan bakar
Mesin lebih ringan (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque)Mesin lebih berat (torsi bekerja lebih baik pada kecepatan tinggi / top-end power)

PERBANDINGAN TORSI DAN POWER 

Yamaha Jupiter MX king 150
Suzuki Satria F 150
Power
12.98 HP @8600 rpm
12,02 HP @ 8500 rpm
Torsi
12,12 @6800 rpm
10,42 Nm @7800 rpm

yamaha jupiter mx king 150 injeksi SOHC 4 klep itu unggul daripada suzuki satria F 150 karbu dohc 4 klep, baik power dan torsi…

Suzuki Satria F 150
Yamaha Exciter 150/Jupiter MX KING
Mesin
DOHC 4 klep 1 busi
SOHC 4 klep 1 busi
Bore * stroke
62 * 48,8 mm( 147,3 cc )
57*58.7 mm ( 150 cc )
pendinginan
Udara + oil cooler
Radiator
Pengabutan
Karburator
Fuel Injection Yamaha
Power
15,78 HP  @9500
15,14 HP @8500
Torsi
12,454 Nm @8500
13,8 Nm@7000
transmisi
6 speed
5 Speed


PENGAPLIKASIAN MESIN DOHC DAN SOHC PADA MOTOR


 A.   MESIN DOHC PADA MOTOR SATRIA F



B.   MESIN SOHC PADA MOTOR VIXION 



SUMBER : 
1.  /http://anangcozz.com/2015/07/31/mengenal-mesin-dohc-dan-sohc-apa-kelebihan-dan-kekurangannya/
2. http://www.hondacengkareng.com/mengupas-teknologi-sohc-dan-dohc/
3. http://pertamax7.com/2015/03/29/power-dan-torsi-yamaha-jupiter-mx-king-150-kalahkan-suzuki-satria-f-diatas-dynotest-motorplus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar