Kamis, 01 Oktober 2015

MESIN BENDING ROLL


Mesin Bending Roll (Roll Plat, Gulung Plat)


1. Pengertian Mesin
Mesin roll pipa atau bisa disebut mesin bengkok pipa adalah mesin yang pada umumnya digunakan pada perusahaan fabrikasi atau perusahaan yang membuat trails, pagar rumah dan sebagainya. Mesin roll pipa berfungsi untuk membengkokkan lonjoran pipa sehingga membentuk radius. Mesin ini bekerja dengan sistem dua penumpu dan satu penekan ditengah. Mesin ini dapat digunakan untuk beberapa jenis ukuran diameter pipa dan beberapa ukuran pipa kotak, as kotak dan siku.
2. Spesifikasi Mesin
Mesin roll pipa ini menggunakan sistem manual yaitu dengan menggunakan handle putar. Mempunyai matras dengan spesifikasi matras dua alur untuk pipa Ø 1 inchi dan Ø 1.5 inchi. Sedangkan untuk pipa diameter diluar diameter tersebut, matras dapat diganti sesuai dengan yang dikehendaki.
3. Cara Kerja Mesin
Secara singkatnya, cara kerja pengerollan adalah dengan dua buah tumpuan di bagian ujung pipa, diberikan satu gaya tekan dari atas ke bawah pada bagian tengah pipa.  Dengan menggunakan dua buah matras (dudukan) sebagai dudukan pipa, dan satu matras penekan. Setelah batang pipa silinder diletekan diatas kedua matras putar,  menekan  pipa ke arah bawah dengan cara memutar ulir pengatur sehingga memperoleh batang pipa berbentuk silinder.
         
4. Bagian-bagian Utama Mesin
Pada bagian ini penulis akan menjelaskan tentang bagian-bagian penyusun pada mesin roll pipa serta fungsi dari bagian penyusun tersebut.
a.     Meja roll pipa

Meja roll pipa berfungsi sebagai penopang semua komponen.  Meja ini terbuat dari besi plat siku dengan tebal 6 mm.
b.     Matras roll

Yang dimaksudkan matras pada mesin ini adalah dudukan (landasan) untuk pipa yang akan melalui proses pengerjaan dengan menggunakan mesin roll pipa ini. Matras pada mesin ini berjumlah 3 buah matras yang sama bentuk dan ukurannya, hanya saja berbeda fungsinya. Matras atas (matras tekan) berjumlah satu buah, berfungsi sebagai penekan pipa. Dan kedua matras yang lainnya berfungsi sebagai dudukan pipa.[1]


Mesin Roll Plat atau Gulung Plat adalah mesin yang penting dalam pembuatan pipa atau tangki karena mesin ini mampu menggulung plat sehingga membentuk profil kurva lingkaran.

Dari desainnya mesin roll plat secara umum dibagi menjadi 3 jenis :


1.     Mesin roll plat asimetris







Mesin ini merupakan tipe yang paling sederhana, menggunakan 3 roll yang disusun secara asimetris yang mana 2 roll digunakan untuk menjepit dan satu roll untuk mengarahkan. Tenaga yang digunakakan bisa dari tenaga manusia, motor listrik maupun hidrolik. Mesin ini digunakan untuk mengerol plat plat tipis.




  
2.     Mesin roll plat 3 roll,







Mesin ini rollnya disusun seperti segitiga, dua roll dipasang sejajar dibawah dan 1 roll dipasang diatas diantara 2 roll bawah tersebut. Mesin ini menggunakan tenaga motor listrik dan hidrolik. Mesin ini dipakai untuk mengeroll plat2 tebal dan dibeberapa merk ternama mesin ini bisa untuk membentuk conebending (kerucut), fungsi cone bending ini tidak selalu ada di mesin 3 roll, dan untuk diketahui membentuk cone bending membutuhkan kapasitas 2 kali lebih besar dari pada membentuk pipa atau tangki biasa.


3.     Mesin roll plat 4 roll




Mesin ini merupakan penyempurnaan dari mesin 3 roll, dimana 2 rollnya dipasang lurus atas bawah dan 2 roll lagi dipasang disamping kanan kirinya, mesin ini lebih memudahkan didalam pengoperasian, seperti memudahkan dalam penempatan plat karena bisa dipasang sejajar dengan meja atau side support. Fungsi cone bending juga lebih sempurna dikerjakan oleh mesin ini. Dalam melakukan pengerolan dikenal dengan istilah prebending, yaitu dimana ujung dari plat yang digulung menjadi sangat keras sehingga tetap lurus (tidak terbending dengan baik) hal ini dikarenakan beberapa faktor, seperti desain dari mesin roll itu sendiri (terutama 3 roll) dan keahlian dari operator. Dalam mesin 4 roll hal itu bisa diminimalkan sehingga hasil dari pengerolan tidak menyisakan plat yang masih lurus(yang biasanya musti dipotong untuk membuangnya), jadi hasilnya terbending sempurna dari ujung ke ujung tinggal mengelasnya saja, tentu saja tenaga yang digunakan untuk melakukan fungsi prebending(mengerol ujung) ini lebih besar daripada mengerol bagian tengah. [2]





[1] http://mesinfabrikasi.blogspot.co.id/2013/04/mesin-bending-roll-roll-plat-gulung-plat.html
[2] https://rollpipaempedu.wordpress.com/tugas-akhir-sekolah/laporan/bab-ii/

2 komentar: