Minggu, 03 Januari 2016

BAB 1 DAN BAB 4 MESIN BUBUT


 
BAB I
PENDAHULUAN


1.1       LATAR BELAKANG

Mesin bubut adalah mesin yang dibuat dari logam, gunanya untuk membentuk benda kerja dengan cara menyayat, gerakan utamanya adalah berputar. Di bidang industri, keadaan mesin bubut sangat berperan, terutama didalam industri permesinan. Misalnya dalam industri otomotif, mesin bubut berperan dalam pembuatan komponen-komponen kendaraan, seperti mur, baut,roda gigi, poros, tromol dan lain sebagainya.Penggunaan mesin bubut juga dapat dihubungkan dengan mesin lainseperti mesin bor ( drilling machine ), mesin gerinda ( grinding machine), mesinfrais ( milling machine ), mesin sekrap (  shaping machine), mesin gergaji ( sawing machine) dan mesin-mesin yang lainnya. Namun ada salah satu hal yang paling penting dari sebuah mesin adalah perawatannya.

Tulisan ini dibuat karena masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang mesin bubut dan pengertian kecepatan tersebut terutama masyarakat yang tinggal diluar perkotaan atau para pemula yang mula belajar montir, sehingga sering terjadi kesalahan dalam pemakaian dan kurang memperhatikan aspek-aspek keselamatan kerja.

1.2 Perumusan Masalah

Permasalah yang akan dibahas pada karya tulis ini adalah masalah menyangkut prinsip kerja mesin bubut, Keunggulan dan kelemahan mesin bubut, serta pemeliharaan mesin bubut.



Berdasarkan latar belakang dan permasalahan diatas, maka perumusan masalah dalam pembuatan perencanaan perawatan ini adalah :
a.Apa itu mesin bubut ? 
b.Apa fungsi utama komponen mesin bubut ?
c.Apa sajakah sumber yang terkait dengan pekerjaan perawatan mesin bubut


1.3 Tujuan Penulisan

            Adapun tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah sebagai salah satu tugas mata kuliah metodologi penelitian Fakultas Teknologi industri Jurusan Teknik Mesin Universitas Gunadarma dan untuk mempelajari proses pengerjaan logam melalui pemotongan dan mengetahui prinsip kerja mesin bubut serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari .

1.4 Metode Penulisan

Metode penulisan yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah studi literature yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang dibahas. Sumber dari data kepustakaan diperoleh dari buku-buku dan internet yang berhubungan dengan mesin bubut.




 

 
BAB IV
PENUTUP



4. 1    Kesimpulan

a.       Bubut merupakan suatu istilah yang sering didengar di dunia ketehnikan khususnya bidang mekanik pabrikasi. Yaitu suatu proses pembentukan benda kerja dengan cara pengikisan menggunakan alat dalam hal ini disebut pisau sehingga bisa menghasilkan benda kerja yang diinginkan.
b.      Mesin Bubut mencakup segala mesin perkakas yang memproduksi bentuk silindris..
c.       Tujuan utama dibuatnya makalah ini adalah agar masyarakat dapat mengetahui cara kerja dan operasi mesin bubut.
d.      Dengan dibuatnya makalah ini, diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua pihak yang menggunakan dan membutuhkan.

4. 2    Saran

a.       Sebuah  makalah harus  mempunyai  tampilan  yang menarik agar
      pembaca  merasa  nyaman  dan  berencana   untuk  kembali  membaca
      makalah tersebut.
b.      Kelengkapan tentang informasi yang ada membuat masyarakat lebih jauh mengenal tentang mesin bubut. Sehingga nantinya masyarakat tertarik untuk mengetahui bahkan tertarik untuk mempelajari tentang mesin ini.


SUMBER :  

2. Daryanto. Bambang Sugiantoro. "Mesin Perkakas Bengkel”. Erlangga ;
1998. Jakarta.
www. Google.com. “pdfdatabase.com/index.php?q=www.about-mesin
                        bubut+com”
www. Wikipedia.com



1 komentar:

  1. Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik di masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com. Atau bicara dengan Mr Benjamin On WhatsApp Via_ + 1-989-394-3740 Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya bersyukur.

    BalasHapus