Seperti yang kita ketahui bahwasanya bahan dasar yang
digunakan untuk pembuatan body kit ada jenis . 2 Jenis ini sudah diurutkan
berdasarkan peringkat atau rangking untuk masing masing jenis material tersebut
memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda beda diantaranya bisa
anda lihat dibawah ini :
1. Bodykit Plastik
2. FRP (Fibre-reinforced Plastic) / Fiberglass
2 Bahan material dalam pembuatan
body kit yang digunakan pada motor dan mobil ini sudah lumayan cukup banyak di indonesia,
untuk mendapatkan masing masing body kit yang menggunakan jenis bahan tersebut
ada yang mudah dan ada yang sulit , begitu juga dengan harga , untuk harga
sendiri dimulai dengan harga yang paling mudah dan juga ada harga body kit yang
mahal. Tingkat kemahalan atau murah suatu body kit yaitu berdasarkan kualitas
bahan material tersebut ,dan tingkat kesulitan dalam pembuatanya sebagai contoh
, body kit yang menggunakan bahan Plastik lebih bagus dari pada fiber kenapa..?
karena bahan plastis (yang berlebel ABS) biasanya memiliki ketebalan bahan yang
setara ori atau oem.
nah dibawah ini mungkin bisa anda
jadikan referensi untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing masing 2 jenis bodykit
A. Bodykit Plastik
Material plastik menjadi salah satu
bahan favorit pembuatan body kit lantaran memiliki beberapa keunggulan.
Pertama, material plastik memiliki tingkat detail yang lebih baik ketimbang
fiberglass.
“Bahan fiberglass glass sendiri sebenarnya adalah urutan paling bawah dari beberapa bahan body kit yang ada,” buka Agus Djaja dari Autoline di bilangan Jakarta Barat.
Menurutnya body kit plastik sendiri terdiri dari beberapa jenis mulai dari yang terbaik, dilihat dari bahan dan proses pembuatan yang umumnya menggunakan alat dan teknis khusus.
“Plastik injection merupakan bahan yang paling bagus, karena menggunakan polypropylene. Selanjutnya adalah tipe Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) vacum foaming dan tipe vacum polyurethane,” lanjut Agus.
Pada plastik injection, “Proses moulding (cetak)nya menggunakan mesin khusus dan laser sebagai alat pemotongnya,” tambah Edy dari Impressive. Sehingga, body kit berbahan plastik injection memiliki tingkat kepresisian dan detail yang lebih baik ketimbang tipe plastik lainnya. Inilah yang membuat body kit bahan plastik injection memiliki harga yang tinggi.
Sementara plastik ABS, menggunakan moulding yang dicetak pada suhu tinggi. Sehingga, proses pembuatannya tak sekompleks plastik injection. Ketebalan plastik ABS pun bervariasi, antara 5-10 mm. Untuk mendapatkan kualitas maksimal, kedua tipe plastik tersebut, dicampur dengan polyurethane atau polypropylene demi mendapatkan tekstur plastik yang lebih baik.
Sedangkan untuk plastik jenis polyurethane, bisa disebut sebagai jenis plastik yang kurang baik, karena body kit bahan ini sedikit fleskibel, sehingga mudah berubah bentuk. “Akibatnya, akan ada kemungkinan body kit tidak pas ketika dipasang ke mobil, karena body kit menjadi tidak presisi,” ungkap Agus lagi.
“Bahan fiberglass glass sendiri sebenarnya adalah urutan paling bawah dari beberapa bahan body kit yang ada,” buka Agus Djaja dari Autoline di bilangan Jakarta Barat.
Menurutnya body kit plastik sendiri terdiri dari beberapa jenis mulai dari yang terbaik, dilihat dari bahan dan proses pembuatan yang umumnya menggunakan alat dan teknis khusus.
“Plastik injection merupakan bahan yang paling bagus, karena menggunakan polypropylene. Selanjutnya adalah tipe Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) vacum foaming dan tipe vacum polyurethane,” lanjut Agus.
Pada plastik injection, “Proses moulding (cetak)nya menggunakan mesin khusus dan laser sebagai alat pemotongnya,” tambah Edy dari Impressive. Sehingga, body kit berbahan plastik injection memiliki tingkat kepresisian dan detail yang lebih baik ketimbang tipe plastik lainnya. Inilah yang membuat body kit bahan plastik injection memiliki harga yang tinggi.
Sementara plastik ABS, menggunakan moulding yang dicetak pada suhu tinggi. Sehingga, proses pembuatannya tak sekompleks plastik injection. Ketebalan plastik ABS pun bervariasi, antara 5-10 mm. Untuk mendapatkan kualitas maksimal, kedua tipe plastik tersebut, dicampur dengan polyurethane atau polypropylene demi mendapatkan tekstur plastik yang lebih baik.
Sedangkan untuk plastik jenis polyurethane, bisa disebut sebagai jenis plastik yang kurang baik, karena body kit bahan ini sedikit fleskibel, sehingga mudah berubah bentuk. “Akibatnya, akan ada kemungkinan body kit tidak pas ketika dipasang ke mobil, karena body kit menjadi tidak presisi,” ungkap Agus lagi.
Usahakan melihat bodi kit yang masih belum di cat untuk mengetahui kualitasnya
Kelebihan body kit plastik sendiri
adalah memiliki daya tahan yang lebih baik dalam hal menjaga kualitas cat. “Hal
tersebut dikarenakan permukaan plastik yang lebih licin,” tambah William, dari
workshop W7 Carsmetic di bilangan Taman Palem, Jakarta Barat.
Meski begitu, bukan berarti bahan plastik ini tidak memiliki kelemahan. Jika terjadi kerusakan, kemungkinan body kit tersebut tidak bisa diperbaiki. “Seandainya diperbaiki pun, pasti membutuhkan usaha yang cukup keras. Apalagi hasilnya belum tentu maksimal
Meski begitu, bukan berarti bahan plastik ini tidak memiliki kelemahan. Jika terjadi kerusakan, kemungkinan body kit tersebut tidak bisa diperbaiki. “Seandainya diperbaiki pun, pasti membutuhkan usaha yang cukup keras. Apalagi hasilnya belum tentu maksimal
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN BODY KIT PLASTIK
NO
|
KELEBIHAN
BODY KIT PLASTIK
|
KEKURANGAN
BODY KIT PLASTIK
|
1
|
Body
dapat mempunyai Plug and play selain bisa di pasang PnP juga memiliki
kerapian tanpa perlu adanya fitting
|
Ketika
terjadi hantaman / gesrot akan penyok tidak pecah seperti fiber, dan untuk
merestorasinya lebih repot
|
2
|
Body
dari plastik ini memiliki pori-pori sehingga hasil cat lebih kuat dan awet
|
Pilihan
model yang terbatas karena menggunakan material plastik, untuk mengejar
produksi massal
|
3
|
Untuk
tinggkat ketebalan bahan setara dengan bumper original / oem
|
Memiliki
harga yang lebih mahal karena memang kualitasnya tidak diragukan lagi ,harga
memang sesuai dengan kualitas
|
B. FRP (Fibre-reinforced Plastic) / Fiberglass
Fiberglass adalah bahan paling umum digunakan
untuk memodifikasi motor dan sangat mudah kita temui dari bodi kit motor
berkubisakasi kecil hingga motor gede .Jika sudah mempunyai cetakan bodi kit
yang diinginkan tinggal mencetaknya lagi dan tidak memperlukan alat khusus
untuk membuat cetakan fiber.Lalu, tinggal di kreasikan warna dan grasfinya .
Fiberglass
juga mempunyai tingkat kualitasnya ,semakin bagus kualitas bodi kit dari
fiberglass maka akan semakin tinggi harganya . Keunggulan lain fiberlgass
adalah bentuk bodinya bisa lebih tajan sesuai yang diinginkan bahkan membuat
sudut-sudut yang cukup sulit dan rumit .Namun,fiberglass mempunyai bobot yang
lebih berat dari pada bahan plastik .
Karena
fiberglass tidak memiliki pori-pori jadi harus mempunyai keahlian dalam proses
pengecatannya ,hal yang membuat tampilan bodi kit dari fiberglass lebih
kinclong .Akan tetapi,hal ini juga menyebabkan bodi kit fiber warna bisa
memudar ,hal ini bisa diatas dengan meningkatkan kualitas cat agar cat bisa
lebih tahan lama .
Ada pula
yang beranggapan fiberglass mudah retak jika terkena panas atau terkena
benturan ,hal ini bisa saja benar dan bisa saja salah .Mudah tidaknya bodi kit
fiberglass pecah atau retak kembali kepada kualitas bodi kit itu sendiri
.RPM juga menggunakan bodi kit dari fiberglass yaitu untuk kondom tangki ,alhamdulillah masih awet dan masih
kuat jika diduduki anak kecil .Bodi
kit dari fiberglass juga kaku ,mungkin hal ini yang membuatnya mudah pecah .
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BODYKIT
FRP/FIBER GLASS
NO
|
KELEBIHAN
BODY KIT FRP
|
KEKURANGAN
BODY KIT FRP
|
1
|
Memiliki
banyak pilihan model yang sangat beragam
|
Untuk
body kit bahan fiber ,biasanya masih sedikit melakukan fitting agar pass saat
di aplikasikan
|
2
|
tidak
memiliki bobot yang berat selain itu juga memiliki harga yang lumayan cukup
terjangkau
|
Body
dari bahan Serat fiberglass biasanya tidak memiliki pori-pori sehingga hasil
dalam pengecatan memerlukan keahlian khusus
|
3
|
Jika
body kit terkena hantaman atau bahasa gampanya yaitu gesro maka fiberglass
lebih mudah diperbaiki (ditembel) dan bisa seperti semula
|
Memerlukan
tenaga asli khusus untuk mengecat
|
1.
PERBANDINGAN BODY KIT
PLASTIK DAN BODY KIT FIBER GLASS
NO
|
BODY KIT PLASTIK
|
BODY KIT FRP
|
1
|
AWET
(JIKA BENTURAN KECIL ) DAN LENTUR
|
BENTUK
BISA DIBENTUK SESUAI KEIINGINAN
|
2
|
LEBIH
RINGAN DARI FIBER GLASS DAN CAT LEBIH AWET
|
WARNA
CAT BISA LEBIH CERAH .
|
3
|
BODY
KIT LEBIH PRESISI KARENA MENGGUNAKAN ALAT KHUSUS
|
PEMBUATAN
LEBIH MUDAH DAN TIDAK MEMPERLUKAN ALAT KHUSUS UNTUK PEMBUATAN
|
2. PENGAPLIKASIAN BODYKIT PLASTIK
DAN BODY KIT FIBER GLASS
·
APLIKASI BODYKIT PLASTIK PADA MOTOR YAMAHA R15
· APLIKASI BODYKIT FIBER GLASS PADA MOTOR NINJA RR 150
SUMBER :
http://www.modifikasi.co.id/2106/kelebihan-dan-kekurangan-pada-body-kit-bahan-plastik-dan-fiber
http://rpmsuper.com/2015/05/16/bodi-kit-fiber-vs-plastik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar