Minggu, 15 November 2015

PERBANDINGAN BODY KIT PLASTIK DAN BODY KIT FRP (FIBRE-REINFORCED PLASTIC) / FIBERGLASS

Seperti yang kita ketahui bahwasanya bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan body kit ada  jenis . 2 Jenis ini sudah diurutkan berdasarkan peringkat atau rangking untuk masing masing jenis material tersebut  memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang berbeda beda diantaranya bisa anda lihat dibawah ini  :
1.      Bodykit Plastik
2.      FRP (Fibre-reinforced Plastic) / Fiberglass

2 Bahan material dalam pembuatan body kit yang digunakan pada motor dan mobil ini sudah lumayan cukup banyak di indonesia, untuk mendapatkan masing masing body kit yang menggunakan jenis bahan tersebut ada yang mudah dan ada yang sulit , begitu juga dengan harga , untuk harga sendiri dimulai dengan harga yang paling mudah dan juga ada harga body kit yang mahal. Tingkat kemahalan atau murah suatu body kit yaitu berdasarkan kualitas bahan material tersebut ,dan tingkat kesulitan dalam pembuatanya sebagai contoh , body kit yang menggunakan bahan Plastik lebih bagus dari pada fiber kenapa..? karena bahan plastis (yang berlebel ABS) biasanya memiliki ketebalan bahan yang setara ori atau oem.
nah dibawah ini mungkin bisa anda jadikan referensi untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing masing 2 jenis bodykit

A. Bodykit Plastik
Material plastik menjadi salah satu bahan favorit pembuatan body kit lantaran memiliki beberapa keunggulan. Pertama, material plastik memiliki tingkat detail yang lebih baik ketimbang fiberglass.

“Bahan fiberglass glass sendiri sebenarnya adalah urutan paling bawah dari beberapa bahan body kit yang ada,” buka Agus Djaja dari Autoline di bilangan Jakarta Barat.

Menurutnya body kit plastik sendiri terdiri dari beberapa jenis mulai dari yang terbaik, dilihat dari bahan dan proses pembuatan yang umumnya menggunakan alat dan teknis khusus.

“Plastik injection merupakan bahan yang paling bagus, karena menggunakan polypropylene. Selanjutnya adalah tipe Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) vacum foaming dan tipe vacum polyurethane,” lanjut Agus.

Pada plastik injection, “Proses moulding (cetak)nya menggunakan mesin khusus dan laser sebagai alat pemotongnya,” tambah Edy dari Impressive. Sehingga, body kit berbahan plastik injection memiliki tingkat kepresisian dan detail yang lebih baik ketimbang tipe plastik lainnya. Inilah yang membuat body kit bahan plastik injection memiliki harga yang tinggi.

Sementara plastik ABS, menggunakan moulding yang dicetak pada suhu tinggi. Sehingga, proses pembuatannya tak sekompleks plastik injection. Ketebalan plastik ABS pun bervariasi, antara 5-10 mm. Untuk mendapatkan kualitas maksimal, kedua tipe plastik tersebut, dicampur dengan polyurethane atau polypropylene demi mendapatkan tekstur plastik yang lebih baik.

Sedangkan untuk plastik jenis polyurethane, bisa disebut sebagai jenis plastik yang kurang baik, karena body kit bahan ini sedikit fleskibel, sehingga mudah berubah bentuk. “Akibatnya, akan ada kemungkinan body kit tidak pas ketika dipasang ke mobil, karena body kit menjadi tidak presisi,” ungkap Agus lagi. 


 Usahakan melihat bodi kit yang masih belum di cat untuk mengetahui kualitasnya
Kelebihan body kit plastik sendiri adalah memiliki daya tahan yang lebih baik dalam hal menjaga kualitas cat. “Hal tersebut dikarenakan permukaan plastik yang lebih licin,” tambah William, dari workshop W7 Carsmetic di bilangan Taman Palem, Jakarta Barat.

Meski begitu, bukan berarti bahan plastik ini tidak memiliki kelemahan. Jika  terjadi kerusakan, kemungkinan body kit tersebut tidak bisa diperbaiki. “Seandainya diperbaiki pun, pasti membutuhkan usaha yang cukup keras. Apalagi hasilnya belum tentu maksimal
KEKURANGAN DAN KELEBIHAN BODY KIT PLASTIK
NO
KELEBIHAN BODY KIT PLASTIK
KEKURANGAN BODY KIT PLASTIK
1
Body dapat mempunyai Plug and play selain bisa di pasang PnP juga memiliki kerapian tanpa perlu adanya fitting
Ketika terjadi hantaman / gesrot akan penyok tidak pecah seperti fiber, dan untuk merestorasinya lebih repot
2
Body dari plastik ini memiliki pori-pori sehingga hasil cat lebih kuat dan awet
Pilihan model yang terbatas karena menggunakan material plastik, untuk mengejar produksi massal
3
Untuk tinggkat ketebalan bahan setara dengan bumper original / oem
Memiliki harga yang lebih mahal karena memang kualitasnya tidak diragukan lagi ,harga memang sesuai dengan kualitas


B. FRP (Fibre-reinforced Plastic) / Fiberglass


Fiberglass adalah bahan paling umum digunakan untuk memodifikasi motor dan sangat mudah kita temui dari bodi kit motor berkubisakasi kecil hingga motor gede .Jika sudah mempunyai cetakan bodi kit yang diinginkan tinggal mencetaknya lagi dan tidak memperlukan alat khusus untuk membuat cetakan fiber.Lalu, tinggal di kreasikan warna dan grasfinya .
Fiberglass juga mempunyai tingkat kualitasnya ,semakin bagus kualitas bodi kit dari fiberglass maka akan semakin tinggi harganya . Keunggulan lain fiberlgass adalah bentuk bodinya bisa lebih tajan sesuai yang diinginkan bahkan membuat sudut-sudut yang cukup sulit dan rumit .Namun,fiberglass mempunyai bobot yang lebih berat dari pada bahan plastik .
Karena fiberglass tidak memiliki pori-pori jadi harus mempunyai keahlian dalam proses pengecatannya ,hal yang membuat tampilan bodi kit dari fiberglass lebih kinclong .Akan tetapi,hal ini juga menyebabkan bodi kit fiber warna bisa memudar ,hal ini bisa diatas dengan meningkatkan kualitas cat agar cat bisa lebih tahan lama .
Ada pula yang beranggapan fiberglass mudah retak jika terkena panas atau terkena benturan ,hal ini bisa saja benar dan bisa saja salah .Mudah tidaknya bodi kit  fiberglass pecah atau retak kembali kepada kualitas bodi kit itu sendiri .RPM juga menggunakan bodi kit dari fiberglass yaitu untuk kondom tangki ,alhamdulillah masih awet dan masih kuat jika diduduki anak kecil .Bodi kit dari fiberglass juga kaku ,mungkin hal ini yang membuatnya mudah pecah .
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BODYKIT FRP/FIBER GLASS
NO
KELEBIHAN BODY KIT FRP
KEKURANGAN BODY KIT FRP
1
Memiliki banyak pilihan model yang sangat beragam
Untuk body kit bahan fiber ,biasanya masih sedikit melakukan fitting agar pass saat di aplikasikan
2
tidak memiliki bobot yang berat selain itu juga memiliki harga yang lumayan cukup terjangkau
Body dari bahan Serat fiberglass biasanya tidak memiliki pori-pori sehingga hasil  dalam pengecatan memerlukan keahlian khusus
3
Jika body kit terkena hantaman atau bahasa gampanya yaitu gesro maka fiberglass lebih mudah diperbaiki (ditembel) dan bisa seperti semula
Memerlukan tenaga asli khusus untuk mengecat



1.    PERBANDINGAN BODY KIT PLASTIK DAN BODY KIT FIBER GLASS


NO
BODY KIT PLASTIK
BODY KIT FRP
1
AWET (JIKA BENTURAN KECIL ) DAN LENTUR  
BENTUK BISA DIBENTUK SESUAI KEIINGINAN
2
LEBIH RINGAN DARI FIBER GLASS DAN CAT LEBIH AWET
 WARNA CAT BISA LEBIH CERAH .
3
BODY KIT LEBIH PRESISI KARENA MENGGUNAKAN ALAT KHUSUS
PEMBUATAN LEBIH MUDAH DAN TIDAK MEMPERLUKAN ALAT KHUSUS UNTUK PEMBUATAN





2. PENGAPLIKASIAN BODYKIT PLASTIK DAN BODY KIT FIBER GLASS
·       APLIKASI  BODYKIT PLASTIK  PADA MOTOR YAMAHA R15




·      APLIKASI BODYKIT FIBER GLASS PADA MOTOR NINJA RR 150





 SUMBER  : 


http://www.modifikasi.co.id/2106/kelebihan-dan-kekurangan-pada-body-kit-bahan-plastik-dan-fiber
http://rpmsuper.com/2015/05/16/bodi-kit-fiber-vs-plastik/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar